5 Cara Bebas dari Kanker


Istilah ”lebih baik mencegah daripada mengobati” seharusnya tertanam di benak Anda. Hal ini mungkin dapat menjadi motivasi agar Anda berusaha menerapkan gaya hidup sehat sehingga bebas dari segala penyakit termasuk kanker.

 
Menurut American Cancer Society, perilaku gaya hidup sehat yang kita terapkan dapat mencegah sekitar separuh dari risiko kematian akibat kanker.
Berikut ini gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk menangkal kanker berdasarkan kiat dari Dr. Anne McTiernan, seorang peneliti pencegahan kanker di Fred Hutchinson Cancer Research Center, Seattle, Amerika Serikat.

1. Hindari Rokok
Jangan merokok atau menggunakan produk tembakau. Rokok sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Merokok menyebabkan berbagai kanker, termasuk kanker kerongkongan, paru-paru, mulut, perut, dan pankreas.

2. Kurangi Alkohol
Batasi konsumsi alkohol Anda ! Menurut American Cancer Society, risiko kanker mulut enam kali lebih sering terjadi pada orang yang mengonsumsi alkohol dibandingkan orang yang tidak minum

3. Gunakan tabir surya (sunblock)
Sinar ultraviolet merusak DNA kulit dan menyebabkan mutasi genetik penimbul kanker kulit. Lindungi kulit dari sinar matahari dengan tabir surya (sunblock) saat beraktivitas di luar ruangan.

4. Berolahraga teratur
Menurut the Centers for Disease Control and Prevention, orang yang aktif berolahraga memiliki risiko lebih rendah terkena kanker usus besar dan payudara daripada yang tidak berolahraga. Lakukanlah aktivitas yang meningkatkan denyut jantung dan membuat Anda berkeringat .

5. Kontrol rutin ke dokter.
Cek kesehatan Anda dengan rutin konsultasi ke dokter. Deteksi kanker secara dini sangat meningkatkan peluang Anda untuk sembuh. Lakukan tes skrining yang mencakup pemeriksaan fisik, tes darah, pencitraan, sinar-X dan tes genetik.(sehatnews)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Yayasan kanker Indonesia © 2011 | Designed by Ibu Hamil, in collaboration with Uncharted 3 News, MW3 Clans and Black Ops